22 April 2011

Apakah kamu berevolusi?

2 minggu yang lalu, dosen IAD saya memberikan tugas dengan topik "apakah kamu berevolusi?". topik yang cukup menarik pikirku untuk ditulis, dan setelah berpikir cukup lama akhirnya mungkin aku bisa menjawab pertanyaan itu.

Evolusi sendiri menurut saya adalah perubahan - perubahan, baik dalam bentuk morfologinya (bentuk) ataupun perilaku dari makhluk tertentu guna kelangsungan hidupnya dan untuk bertahan hidup.Semua mahluk hidup berevolusi dan selalu berubah seiring dengan perkembangan yang ada. Manusia juga terus berevolusi agar dapat bertahan hidup di dunia yang makin keras, walau tidak berubah secara drastis dalam bentuk morfologi (kecuali dalam masa pertumbuhan) tetapi dalam hal perilaku psikologis keadaan manusia selalu dalam keadaan siap berubah.

Contohnya bisa kita lihat pada pola pikir manusia pada zaman dahulu dan sekarang, orang dulu melarang melakukan sesuatu yang apabila dilanggar akan mendapat semacam karma, berbeda dengan orang sekarang yang melarang orang melakukan sesuatu berdasarkan aspek - aspek logis. lalu, apakah apakah diriku juga berubah dan berkembang? jawabanya adalah iya, saya sudah banyak mengalami banyak perubahan, tapi ada 3 perubahan yang menurut saya paling berpengaruh dalam hidup saya.

Yang pertama, sebelum saya SMA dulu saya merupakan anak yang anti sosial, jarang bergaul dengan orang lain, tidak mempunyai teman dan lebih suka bermain dan mengerjakan tugas sendiri. Namun semua berubah ketika saya masuk SMA dimana dikelas selalu ada pembagian kelompok diskusi, saya yang merupakan orang yang individual menjadi sangat kesulitan untuk menemukan teman teman kelompok tersebut. Lalu saya pun mencoba beradaptasi dan belajar untuk mengatasi masalah tersebut dan alhamdulillah saya berhasil mengubah diri saya menjadi orang yang bisa bergaul.

Yang kedua, sewaktu SMA saya juga merupakan type orang yang tidak disiplin dan bertanggung jawab, dan suka berhura hura. Semuanya pun berubah ketika setelah saya lulus SMA saya mendapat pekerjaan di suatu perusahaan swasta, dimana sangat ditekankan sifat disiplin dan tanggung jawab. Awalnya saya sempat stres dan tidak terbiasa dengan perubahan yang terjadi, alhasil sayapun sering dimarahi sama atasan dan sering diberikans surat teguran. Tapi kini saya terlah berubah menjadi orang yang lebih disiplin dan bertangung jawab serta dapat mengerti bagaimana rasanya mencari penghasilan sendiri yang ternyata sangat tidak mudah.

Yang ketiga ketika dan yang paling banyak membentuk mindset ku adalah ketika saya masuk menjadi mahasiswa di Gunadarma. Aku telah berubah menjadi orang yang berjiwa pemimpin ketika saya ditunjuk menjadi ketua kelas, dosen - dosenya juga telah banyak membuka pikiran saya.

Kita akan terus berubah dan perubahan itu bisa datang kapan saja. Kita adalah manusia yang selalu ingin tahu dan belajar, maka jadikan Perubahan tersebut sebagai teman kita, agar kita dapat bertahan hidup kedepanya.

1 komentar:

shaseunggi mengatakan...

kereeeen bagus nyaaan :)