10 Maret 2011

Pluto dikalahkan Eris

well well ketemu lg..

minggu minggu ini kebanyakan tugas jadi susah nulis

Anyway, kali ini saya akan membahas tentang pluto, planet yang dulunya merupakan planet terjauh dari sistem tata surya kita tapi kini kemudian menjadi planet minor karena dikalahkan oleh planet minor lain yang lebih superior bernama 136199 bernama keren Eris.



gambar 1: pluto dan ketiga satelitnya


Dulu waktu saya masih SD kelas 5, ketika pelajaran IPA sedang membahas tentang tata surya saya paling tertarik kalau lagi membahas soal planet pluto. Karena planet itu merupakan planet yang paling jauh dari matahari yaitu sekitar 5.900.100.000 Km wow, jarak yang sangat fantastis menurutku waktu itu. Lama rotasinya 6,34 hari dan lama revolusinya 248,4 tahun. Memiliki 3 satelit yaitu charon,nix dan hydra. Yang lebih membuatku tertarik lagi karena nama Pluto sendiri dinamakan berdasarkan nama dewa dari romawi atau Hades kalau dari kebudayaan Yunani. Hades merupakan dewa kegelapan yang memiliki sifat yang dingin terhadap manusia, sesuai dengan karateristik planetnya yang gelap dan memiliki suhu yang dingiiin.

gambar 2: Eris(tengah) dan satelitnya Dysnomia(kiri dari tengah)

Tapi tidak lama setelah mendapat tugas IAD, saya baru tahu kalau ternyata pluto telah berganti status dari planet menjadi planet minor. Setelah saya searching di internet penyebab utamanya karena ditemukanya objek yang lebih besar dan lebih jauh dari planet pluto bernama 2003 UB313 atau Xena dan telah berganti nama menjadi 136199 Eris.

Eris memiliki ukuran diameter yang lebih besar dari pluto. Jaraknya pun 3x jarak dari matahari ke pluto yaitu hampir sekitar 15.000.000.000 Km dan memiliki suhu yang lebih dingin dari pluto. Namanya pun diambil nama dewi di mitologi yunani kuno yang merupakan dewi keraguan, mungkin karena ilmuan ragu menyatakan 136199 eris planet atau hanya sekedar planet minor yang termasuk didalam objek di sabuk kuiper. ditemukan pada tanggal 21 oktober 2003 oleh Samuel Oschin. saat itu karena ukuranya lebih besar, penemunya berani mengkalim eris menjadi planet walau pada akhirnya digolongkan menjadi planet minor.

Yah, tapi walaupun Eris telah mengalahkan pluto dari berbagai macam aspek, tetap saja saya mengangap kalau pluto itu tetap merupakan planet yang penuh misteri.....

Nb: ucapan terima kasih kepada:
  • www.detiknews.com
  • id.wikipedia.org

Tidak ada komentar: